0

Bumi Ini Tidak Tua dan Tidak Renta

Posted by nysdee's journal on 01.13

Sebagai manusia yang berTuhan dan beragama kita semua meyakini bahwa Bumi adalah sebuah planet khusus yang diciptakan Tuhan bagi makhluk hidup. Sebuah tempat yang mahasempurna. Tempat dimana hari berganti, waktu berlalu dan tempat terjadinya segala bentuk proses kehidupan.
Akhir-akhir ini kita sangat sering mendengar kata “global Warming” atau “Pemanasan Global”, sebuah kondisi dimana bumi mengalami peningkatan  suhu yang sangat signifikan karena efek gas rumah  kaca. Gas rumah kaca sendiri berasal dari pembakaran bahan bakar pada kendaraan bermotor, pabrik-pabrik, peternakan serta pembangkit tenaga listrik. Layaknya manusia yang sedang terserang demam tinggi. Suhu bumi menjadi sangat panas. Bumipun menjadi tempat yang tidak nyaman.
            Seorang teman pernah dengan sangat santainya berkata “Bumi ini sudah tua, mungkin tidak lama lagi akan hancur”. Sontak aku berfikir dan bertanya pada diri sendiri “Apakah benar bumi ini sudah tua?”  Jawabannya Tentu tidak. Bumi ini tidak tua, bumi ini tidak renta. “Lalu ada apa dengan bumi? Mengapa bumi menjadi sangat tidak nyaman untuk ditinggali?”.
Keserekahan dan sikap tidak pernah puas yang ada dalam diri beberapa orang membuat bumi menjadi tidak nyaman lagi untuk ditinggali. Bumi terlihat seperti seorang kakek yang sudah renta, dan mengidap komplikasi. Penebangan hutan secara liar membuat bumi menjadi kekurangan energi, exploitasi pertambangan yang berlebihan membuat bumi menjadi kekurangan cairan, pencemaran lingkungan yang terjadi hampir di setiap sudut bumi membuat bumi menjadi semakin tidak bersahabat, di greenland es yang mencair telah mencapai 19 juta ton dan diprediksikan hampir semua es di kutub utara akan lenyap pada akhir musim panas 2012, level permukaan laun semakin meningkat, cuaca yang semakin extrem, dan gelombang panas menjadi semakin ganas, dan sadisnya pelaku utama dari semua ini adalah MANUSIA. Manusia yang seharusnya melestarikan bumi malah menjadi konstributor terbesar dalam perusakan bumi.
 Bumi ini tidak tua dan tidak renta. Bumi hanya sedang teraniaya. Bumi hanya sedang terdholimi. Bumi hanya sedang tersakiti dan manusia tidak menyadari itu. Bumi jadi sering menangis dengan hujannya, mengamuk dengan petirnya, marah dengan panasnya, meluapkan emosi dengan ombak dan banjirnya.
Tidak bisakah kita menjadi sedikit lebih bijak dalam memperlakukan alam? menghargai ciptaanNya? menjaga bumiNya yang selama ini kita tinggali? bukankah manusia adalah mahluk Tuhan yang paling sempurna? Bukankah kita telah diberi akal untuk berfikir? manusia seharusnya sudah sangat mengerti apa yang harus dilakukan dalam menjaga dan merawat bumi ini agar tetap nyaman dan sehat. Sudah saatnya kita melangkah  ke arah perbaikan untuk hidup yang lebih nyaman dan berkualitas. “we can change all things for the better, when we change ourselves for the better” 

|

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Nysdee's Journey All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.